Arti Sesungguhnya Dari Overrated

Pernakah kamu melihat orang-orang sedang berkonversasi tentang sesuatu yang popular dan salah satu orang tersebut mengatakan sesuatu seperti ini: "Benda/Artis ini sangat Overrated" bagiku". Ya, ini bukan pemandangan asing di Internet terutama ketika sedang membicarakan hal-hal yang sedang populer contohnya seperti Anime, K-pop dan lain sebagainya.

Banyak orang yang mengaitkan kata "Overrated" sebagai sesuatu yang buruk karena terkadang benda yang dibilang "Overrated" itu terlalu mainstream untuk mereka atau karena populernya mereka, terkadang orang-orang menjadi terasa terganggu oleh fanbase-fanbase tertentu yang terus menerus memuja benda tersebut tapi tidak melihat kekurangannya dan "Overrated" biasanya dikaitkan dengan suatu kekurangan karena banyak orang yang mempersepsikan kata "Overrated" untuk merendahkan apa yang fanbase tersebut sukai kepada mereka yang membuat mereka cukup marah.

Pada zaman sekarang, banyak orang yang menggunakan kata ini untuk menghina para fanbase yang tergila-gila atau mereka menggunakan kata ini karena sebagian orang mempersepsikan sesuatu yang populer atau mainstream disamakan dengan hal-hal yang buruk yang mengakibatkan arti sesungguhnya dari kata "Overrated" itu hilang entah kemana meskipun arti yang sesungguhnya sangat berbeda dari orang-orang yang menggunakan itu untuk menjustifikasi hal-hal populer yang mereka tidak sukai.

Namun menurut saya sendiri, kata "Overrated" ini memang disalahgunakan oleh orang-orang lain yang ingin merendahkan sesuatu yang populer meskipun arti dari kata "Overrated" tersebut sebenarnya berarti berbeda dari apa yang mereka gunakan.

Jadi, arti Overrated itu sebenarnya sesuatu yang dinilai agak berlebihan atau dinilai lebih tinggi dari apa yang seharusnya layak. Dan ini berlaku kepada produk yang dinilai cukup baik yang sering dipuji dari apa yang seharusnya layak dan makna sebenarnya dari "Overrated" tidak berarti konotasi yang buruk karena meskipun ada orang yang menyukai produk populer tersebut, dia juga bisa menemukan barang tersebut "Overrated". Misalkan: Ada orang yang menyukai manga "My Hero Academia" namun ia berpikir bahwa manga tersebut cukup "Overrated" dan masih memiliki kelemahan meskipun dia menyukai manga tersebut. Atau ada seseorang yang menyukai suatu pahlawan yang kiprahnya sangat penting di Indonesia namun ia masih menemukan ia agak "Overrated" karena banyak pahlawan lain yang berkiprah di masa lalu yang masih membutuhkan perhatian dibandingkan dengan dia meskipun dia sudah berkerja keras untuk membawa nama Indonesia.

Jadi, kesimpulannya. "Overrated" adalah sesuatu kata yang paling disalahgunakan dan sebenarnya berarti lebih berbeda daripada arti originalnya dan suatu benda, orang yang "Overrated" juga bisa memiliki kelebihan dan kekurangan sama seperti orang atau benda lainnya. Mereka bisa membantu dalam sesuatu namun mereka juga bisa memiliki kekurangan dalam sesuatu. Dan ada juga benda atau orang lain yang perlu perhatian.

Comments

Popular posts from this blog

Rekomendasi Manga: Jujutsu Kaisen

Masalah Utama Guilty Crown