Apakah Kartini Layak Untuk Dipuja-Puja


Hari ini adalah tanggal 21 April dimana salah satu pahlawan Indonesia kita yang terkenal, RA Kartini, berulang tahun dan kita merayakan hari ulang tahunnya. Untuk orang yang tidak mengetahui siapakah itu Kartini, ia adalah pelopor emansipasi wanita pribumi di Indonesia dan terkenal oleh kumpulan surat-suratnya yaitu "Habis Gelap Terbitlah Terang" yang dikirimkan ke Eropa. Nah, apa opini saya untuk RA Kartini sendiri?

Jawabannya adalah saya menyukai usahanya untuk meningkatkan martabat wanita pribumi yang ada di Indonesia pada zaman dahulu. Namun seiring berjalannya waktu, meskipun saya berpikir Kartini merupakan pahlawan yang baik di zamannya, saya menemukan dia agak "Overrated" untuk pahlawan Indonesia sendiri.

Meskipun saya mengatakan dia "Overrated" bukan berarti saya ingin merendahkan RA Kartini dan ingat, "Overrated" tidak berarti sesuatu yang buruk, hanya saja ia mendapatkan pujaan yang cukup berlebihan dari yang seharusnya.

Alasan saya berpendapat seperti ini adalah ada banyak pahlawan Indonesia yang berkontribusi untuk melawan penjajahan seperti Cut Nyak Dien, Cut Meutia atau Christina Martha Tiahahu. Namun mereka tidak terlalu diberi perhatian dibandingkan dengan Kartini meskipun mereka adalah wanita yang kuat dan berani untuk melawan para penjajah terutama Cut Nyak Dien yang saya ibaratkan seperti Ellen Ripley-nya Indonesia (Jika kalian tidak tahu siapakah Ellen Ripley, dia adalah protagonis perempuan dari film Alien oleh James Cameron yang dikarakterisasikan sebagai wanita berpendirian kuat dan bisa bertarung)

Ya, karena dari semua perempuan Indonesia, Kartini-lah yang paling banyak dipuja dan ini dapat dimengerti. Tapi yang paling saya kurang mengerti adalah mengapa kita butuh merayakan hari Kartini dan memiliki lagu yang berdedikasi untuk memuji dia. Ya, saya mengerti dia memiliki hubungan luar dan mencoba untuk membuat nama Indonesia harum karena hubungannya dengan temannya di luar negeri. Namun kita harus ingat bahwa ada banyak pahlawan perempuan yang ada di Indonesia yang tidak dirayakan hari Ulang Tahunnya atau memiliki lagu yang berdedikasi untuk mereka namun mereka berjuang tanpa pamrih untuk mempertahankan Bumi Pertiwi ini dengan baik.

Jadi, apa opini saya sendiri dengan Kartini? Saya tidak akan mengecilkan prestasi yang diraih oleh Kartini dan saya salut dengan apa yang Kartini sudah lakukan terhadap bangsa kita. Namun, saya masih menemukan dia agak "Overrated" dan masih ada wanita-wanita pahlawan di Indonesia yang berjuang tanpa pamrih seperti Cut Nyak Dien atau Christina Martha Tiahahu dan mereka juga tidak terlalu mendapatkan perhatian kecuali di buku-buku sejarah tidak seperti Kartini.

Comments

Popular posts from this blog

Rekomendasi Manga: Jujutsu Kaisen

Arti Sesungguhnya Dari Overrated

Masalah Utama Guilty Crown